Humas dan Media Sosial
Humas atau Public Relations (PR) adalah suatu usaha yang sengaja direncanakan dan dilakukan secara berkesinambungan untuk menciptakan kesepahaman antara suatu perusahaan dengan publik. PR adalah praktik mengelola penyebaran informasi antara individu atau perusahaan dan publik. Menurut Edward L. Bernays, ada 3 pengertian Humas atau Public Relations:
Pertama, Memberi penerangan kepada masyarakat. Kedua, Pembujukan langsung terhadap masyarakat guna mengubah sikap dan tindakan, dan. Ketiga, Usaha mengintegrasikan sikap dan tindakan dari permasalahan dengan masyarakat dan dari masyarakat terhadap permasalahannya.
PR berperan penting di suatu lembaga,
organisasi atau kelompok dalam menjalin hubungan yang saling menguntungkan.
Secara umum, tujuan utama Humas atau Public Relations ialah menciptakan,
mempertahankan, dan membangun reputasi, sehingga menjadi citra baik di mata
publik.
Di era saat ini atau kita kenal dengan era media baru, media sosial tidak dapat dilepaskan dari kehidupan publik. Media sosial secara perlahan dan pasti akan menjadi salah satu hal yang penting bagi aktivitas publik, baik dalam memenuhi gaya hidup maupun sebagai penunjang dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan. Bagi praktisi PR tentu sudah jelas bahwa keberadaan media sosial sangat sangat membantu dan menjadi alat yang vital dalam membangun komunikasi perusahaan. Kampanye komunikasi melalui media sosial haruslah dilakukan se-efektif mungkin untuk mencapai berbagai lapisan publik. Indonesia memiliki berbagai segmentasi publik dengan kehidupan masyarakatnya yang sangat heterogen.
Beragam upaya dapat dilakukan PR untuk meningkatkan citra positif perusahaan, mengingat begitu besarnya pengguna media sosial bagi Indonesia maupun seluruh dunia. Sumber marketing.co.id menyebut Facebook sebagai platform media sosial dengan angka tertinggi pengguna memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif mobile. Untuk Aplikasi Facebook Messenger saja kini sudah mencapai 500 juta pengguna. Itu artinya ada lebih dari separuh pengguna Facebook menggunakan aplikasi pesan tersendiri ini. Adapun WhatsApp yang tahun ini baru diakuisisi Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna dan Instagram sebanyak 400 juta pengguna.
Di tengah perkembangan digital, banyak kekurangan serta kelebihan bagi Humas. Namun, adanya media sosial yang terus hadir membawa dampak besar untuk mendukung praktisi dalam melakukan kegiatan kehumasan.
Manfaat media sosial untuk Humas :
1. Memperoleh Publisitas dengan Cakupan yang Lebih Cepat dan Luas
Media sosial memungkinkan berbagi informasi secara instan dan karena jumlah orang yang menggunakan internet terus meningkat, dengan banyaknya jejaring media sosial itu sendiri, rilis atau cerita yang Anda posting dapat dengan mudah diambil dan diposting oleh blogger atau jurnalis online. Ini menawarkan Anda cakupan berita yang lebih luas dan memastikannya menjangkau audiens target yang lebih besar.
2. Visibilitas Online
Media sosial dapat digunakan untuk membantu Anda meningkatkan kesadaran publik tentang perusahaan Anda dan citra bisnis Anda secara keseluruhan karena penulis, blogger atau jurnalis online membantu menyebarkan berita tentang perusahaan Anda. Ketika perusahaan Anda membangun kehadirannya secara online, itu akan menjadi lebih terlihat yang dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis Anda. Semakin banyak pembaca yang Anda tarik, semakin tinggi jumlah pengikut Anda dan peningkatan jumlah pembaca Anda juga meningkatkan jangkauan komunikasi Anda.
3. Meningkatkan Komunikasi
Dengan kemudahan penggunaan media sosial, setiap orang dapat memposting pemikiran mereka tentang berbagai topik. Situs jejaring sosial memungkinkan Anda untuk mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban dengan cepat dari sejumlah pembaca, dengan berbagai antusiasme dan pengalaman. Dengan menggunakan saluran komunikasi ini, Anda dapat mengembangkan hubungan dengan pembaca, yang kemudian dapat Anda gunakan dalam aktivitas PR dan penargetan pemangku kepentingan untuk memastikan postingan Anda relevan dan menarik sehingga lebih mungkin untuk dibaca.
4. Terintegrasi dengan Mudah
Kebanyakan orang tahu cara menggunakan satu atau beberapa alat media sosial sehingga perusahaan Anda harus bertujuan untuk memaksimalkan basis pembacanya dengan menggunakan koneksi staf online Anda untuk mempromosikan bisnis dan memberi Anda basis pembaca yang lebih besar. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang perusahaan Anda, dan apa yang dilakukannya, semakin besar kemungkinan bisnis Anda akan berhasil dan menarik pelanggan setia.
5. Links dan SEO
Menyertakan link atau tautan ke dalam informasi yang relevan dan dokumentasi pendukung dalam konten online Anda memberi Anda otoritas salinan yang pada gilirannya, berarti mesin pencari memperhatikannya. Jika Anda menautkan ke domain, peringkat web Anda akan meningkat dan blogger serta jurnalis online akan menganggapnya layak untuk dicoba dan bahkan mungkin menyertakan link yang ada. Untuk memastikan situs web Anda naik peringkat pencarian, pastikan semua yang Anda tulis kuat, sesuai topik dan memiliki banyak informasi bagus didalamnya yang akan terus melibatkan pembaca.
Referensi :
https://handes.iainptk.ac.id/2019/10/08/public-relations-dan-media-sosial/
https://iprahumas.id/detailpost/pentingnya-media-sosial-bagi-humas-di-masa-krisis
https://indonesiapr.id/apa-saja-manfaat-media-sosial-untuk-public-relations/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar