Selasa, 19 Juli 2022

Strategi Hubungan Masyarakat



Strategi humas dalam kegiatannya yaitu : 

1. Fact Finding and Feedback (Riset Penemuan Fakta)
Pada tahapan ini dilakukan penemuan fakta di lapangan atau hal-hal yang berkaitan dengan opini, sikap, dan reaksi publik dengan kebijaksanaan pihak organisasi atau perusahaan yang bersangkutan. Setelah menemukan fakta di lapangan, maka data, fakta, dan informasi tersebut dievaluasi untuk dapat dijadikan pedoman pengambilan keputusan berikutnya.

Pada tahapan ini yang paling diperlukan adalah kepekaan humas dalam mendengarkan dan menemukan fakta yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan atau organisasi. Tahap ini juga dinamakan tahapan analisis situasi.

2. Planning and Programming
Tahapan perencanaan dan penyusunan program kerja merupakan upaya yang dilakukan untuk menentukan langkah selanjutnya yang sejalan dengan kepentingan publik.

3. Action and Communicating
Proses ini merupakan tidak lanjut setelah melakukan perencanaan. Humas harus bisa melakukan tindakan berdasarkan rencana matang yang sudah dibuat. Tindakan dilakukan sesuai fakta yang ada sehingga dapat menyampaikan pesan efektif yang bisa mempengaruhi opini publik

4. Evaluation
Evaluasi merupakan tahap penilaian hasil dari riset awal hingga perencanaan program, serta keefektifan dari proses manajemen dan bentuk komunikasi yang digunakan. Tahapan ini dikatakan sebagai tahap penafsiran hasil kerja.

Sasaran Kegiatan Humas :1. Membangun identitas dan citra perusahaan. 2. Menciptakan identitas perusahaan yang positif. 3. Mendukung komunikasi timbal balik dengan berbagai pihak. 4. Menghadapi krisis. 5. Menangani keluhan dan menghadapi krisis dengan membentuk manajemen krisis dan public relations recovery image untuk memperbaiki lost of image and damage. 6. Mempromosikan aspek kemasyarakatan. 7. Promosi yang menyangkut kepentingan public. 8. Mendukung kampanye sosial, seperti anti rokok.


Referensi :

http://annualreport.id/kiat-strategi/empat-langkah-strategis-humas

https://prcfikomupiyai.wixsite.com/website/single-post/2017/07/12/strategi-public-relations

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepopuleran Lesti Kejora dan Rizky Billar Sebagai Brand Ambassador PT. tours & Travel Des

  Rabu, 18 Januari 2023 Mediadetik.com- Tangerang-   PT. Tours & Travel Des mengumumkan akan menjadikan beberapa artis dan selebgram seb...