Selasa, 17 Mei 2022

Menjadi Humas Yang Baik


 

       Untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan dan pelaksanaan tugas humas, karena tugas dari praktisi humas itu mencakup pertaruhan dari citra dan reputasi organisasi lembaga, sehingga praktisi humas harus memiliki kriteria tertentu.

    Seorang humas harus mampu menciptakan poin positif sehingga akan dapat meningkatkan penjualan atau citra positif sebuah organisasi di mata publik. Bagian kehumasan selalu berkaitan dengan dunia luar sehingga ia akan lebih banyak menghabiskan kegiatan di luar ruangan atau di lapangan. Ia bertugas mengedukasikan kepada khalayak serta memperkenalkan kelebihan serta keunggulan sebuah organisasi. Yang pada akhirnya akan menarik minat sehingga akan banyak yang bergabung ke dalam organisasi atau membeli produk hasil buatan para anggota yang tergabung dalam organisasi itu sendiri.

Maka untuk menjadi humas yang baik harus memiliki :

1. Komunikasi

Pekerjaan apapun nggak bisa lepas dari komunikasi, termasuk humas. Komunikasi diperlukan untuk menyampaikan ide, gagasan, informasi, dan koordinasi dengan seluruh pihak yang berhubungan dengan perusahaan baik eksternal maupun internal.

2. Membina relasi

Seorang humas harus bisa membangun dan membina hubungan baik dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak tersebut. Karena pihak internal dan eksternal ini sama-sama penting bagi perusahaan. 

3. Komunikasi krisis

Saat krisis terjadi, biasanya berita akan menyebar dengan cepat dan perusahaan akan diserbu banyak media. Dalam hal ini, humas bertugas untuk menentukan juru bicara atau spokesperson, menyiapkan skenario, menyusun berbagai FAQ terkait krisis atau menjadi spokeperson menghadapi media. 

4. Manajemen waktu

Humas memiliki banyak aktivitas. Bisa di dalam kantor atau di lapangan. Menemui banyak pihak yang bekerja sama dengan perusahaan. Oleh karena itu, manajemen waktu yang baik sangatlah penting.

 5. Menulis

Kemampuan untuk menulis harus dimiliki seorang humas. Bentuk tulisannya bisa beragam, seperti siaran pers, artikel blog, konten untuk sosial media, buletin, atau tulisan publikasi lainnya.

 

Sumber referensi :

Devi Lianovanda. Skill utama public relations. Tautan : https://blog.skillacademy.com/skill-utama-public-relations (Diakses pada: 2 September 2021)

Prokomsetda. Peran humas dalam organisasi. Tautan : https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/7-peran-humas-dalam-organisasi-yang-perlu-diketahui-61 ( Diakses pada: 4 Januari 2018)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepopuleran Lesti Kejora dan Rizky Billar Sebagai Brand Ambassador PT. tours & Travel Des

  Rabu, 18 Januari 2023 Mediadetik.com- Tangerang-   PT. Tours & Travel Des mengumumkan akan menjadikan beberapa artis dan selebgram seb...