Selasa, 19 Juli 2022

Mengenal Digital Public Relations



Digital PR

Digital PR sama dengan Digital Marketing hal ini lantaran beberapa kesamaan,  membandingkan digital PR dan digital marketing lazim terjadi. Pemasaran lewat ruang digital memang memicu tindakan instan konsumen. Berbagai aktivitas pemasaran digital dilakukan melalui iklan, promosi, email direct marketing, hingga optimasi pencarian.

PR digital merupakan taktik promosi yang digunakan oleh public relations untuk meningkatkan brand awareness. Strategi digital ini dapat mendorong kesadaran merek, konversi ke situs web, dan tautan / link yang dapat meningkatkan prospek dan penjualan.

Namun, digital PR mengusung fungsi manajemen relasi yang terfokus pada pengelolaan berbagai platform digital. Sebut saja, blog, podcast, situs resmi, situs berita, dan media sosial. Jika strategi digital PR dilakukan secara cermat, reputasi bisnis akan lebih cepat bertumbuh sehingga dapat menciptakan hasil yang memuaskan di masa mendatang. 

Kehadiran strategi digital public relations ini membawa warna baru bagi dunia public relations dalam penyebaran informasinya. Perannya yang begitu penting, membuat digital public relations dianggap menjadi masa depan public relations. PR digital dapat dilakukan tidak hanya bagi perusahaan besar, melainkan juga bisa dilakukan siapapun.

Pentingnya Digital PR

Praktik public relations memang sudah dilakukan sejak lama, terutama PR konvensional sendiri. Namun, PR konvensional diangggap kurang efektif dan aksesibel terlebih bagi bisnis yang baru merintis atau startup. Seiring berkembangnya teknologi, munculah strategi digital public relations

Yang dilakukan Digital PR

1. Membangun dan memelihara citra positif suatu bisnis di mata publik.

2. Memperluas Kesadaran Produk (Brand Awareness).

3. Melakukan publikasi tentang apresiasi dan prestasi yang diraih. 

4.  Menunjukkan keunggulan bisnis dibandingkan para pesaing.
5. Mengantisipasi kerugian yang mungkin timbul dari berbagai berita negatif.

Manfaat Digital PR

1. Kesadaran merek (brand awareness). Pengetahuan seseorang akan suatu brand atau produk berpengaruh pada keputusan pembelian mereka. Semakin mereka mengenal suatu produk, maka tingkat kredibilitas brand tersebut semakin tinggi dan berkemungkinan besar dalam meningkatkan penjualan.
2.  Memungkinkan Promosi Produk Melalui Public Figure
Untuk membangun kepercayaan publik akan suatu produk, memposting konten di media sosial tidaklah cukup. Dengan menerapkan strategi digital, PR dapat terhubung dengan beberapa artis, content creator, influencer maupun orang-orang yang sekiranya berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen.
3. Mendatangkan Trafik Organik
Manfaat selanjutnya dari PR digital adalah mendatangkan traffic organik. Traffic organik didapatkan dari pencarian melalui Google di beberapa media online seperti website. Pelanggan maupun calon pelanggan dapat mencari nama brand produk perusahaan melalui situs Google.
4. Membangun High-Quality Backlink
Manfaat terakhir dari digital PR yang masih berkaitan dengan mendatangkan lalu lintas organik yakni membangun high-quality backlink pada target domain. Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kepopuleran Lesti Kejora dan Rizky Billar Sebagai Brand Ambassador PT. tours & Travel Des

  Rabu, 18 Januari 2023 Mediadetik.com- Tangerang-   PT. Tours & Travel Des mengumumkan akan menjadikan beberapa artis dan selebgram seb...