Digital PR
Digital PR sama dengan Digital Marketing hal ini lantaran beberapa kesamaan, membandingkan
digital PR dan digital marketing lazim terjadi. Pemasaran lewat ruang digital
memang memicu tindakan instan konsumen. Berbagai aktivitas pemasaran digital
dilakukan melalui iklan, promosi, email direct marketing, hingga
optimasi pencarian.
PR digital merupakan taktik promosi yang digunakan oleh public
relations untuk meningkatkan brand awareness. Strategi digital ini dapat
mendorong kesadaran merek, konversi ke situs web, dan tautan / link yang dapat
meningkatkan prospek dan penjualan.
Namun, digital PR mengusung fungsi manajemen relasi yang terfokus pada
pengelolaan berbagai platform digital. Sebut saja,
blog, podcast, situs resmi, situs berita, dan media sosial. Jika
strategi digital PR dilakukan secara cermat, reputasi bisnis akan lebih cepat
bertumbuh sehingga dapat menciptakan hasil yang memuaskan di masa
mendatang.
Kehadiran strategi digital public relations ini membawa warna baru bagi dunia public relations dalam penyebaran informasinya. Perannya yang begitu penting, membuat digital public relations dianggap menjadi masa depan public relations. PR digital dapat dilakukan tidak hanya bagi perusahaan besar, melainkan juga bisa dilakukan siapapun.
Pentingnya Digital PR
Praktik public relations memang sudah dilakukan sejak lama, terutama PR
konvensional sendiri. Namun, PR konvensional diangggap kurang efektif dan
aksesibel terlebih bagi bisnis yang baru merintis atau startup. Seiring
berkembangnya teknologi, munculah strategi digital public relations
Yang dilakukan Digital PR
1. Membangun dan memelihara citra positif suatu bisnis di mata publik.
2. Memperluas Kesadaran Produk (Brand Awareness).
3. Melakukan publikasi tentang apresiasi dan prestasi yang
diraih.
4. Menunjukkan keunggulan bisnis dibandingkan para pesaing.
5. Mengantisipasi kerugian yang mungkin timbul dari berbagai berita
negatif.
Manfaat Digital PR
1. Kesadaran merek (brand
awareness). Pengetahuan seseorang akan suatu brand atau produk berpengaruh pada
keputusan pembelian mereka. Semakin mereka mengenal suatu produk, maka tingkat
kredibilitas brand tersebut semakin tinggi dan berkemungkinan besar dalam meningkatkan
penjualan.
2. Memungkinkan Promosi Produk Melalui Public Figure
Untuk membangun kepercayaan publik akan suatu produk, memposting konten di
media sosial tidaklah cukup. Dengan menerapkan strategi digital, PR dapat
terhubung dengan beberapa artis, content creator, influencer maupun orang-orang
yang sekiranya berpengaruh dalam keputusan pembelian konsumen.
3. Mendatangkan Trafik Organik
Manfaat selanjutnya dari PR digital adalah mendatangkan traffic organik.
Traffic organik didapatkan dari pencarian melalui Google di beberapa media
online seperti website. Pelanggan maupun calon pelanggan dapat mencari nama
brand produk perusahaan melalui situs Google.
4. Membangun High-Quality Backlink
Manfaat terakhir dari digital PR yang masih berkaitan dengan mendatangkan lalu
lintas organik yakni membangun high-quality backlink pada target domain.
Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO. Pada dasarnya backlink
adalah tautan pada sebuah halaman web yang mengarah ke situs lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar