Manfaat Blog Untuk Humas
Blog adalah singkatan dari web log yang merupakan sebuah website yang isinya dapat di update secara reguler. Selain itu, blog juga memungkinkan pengunjung untuk berkomentar. Blog juga dapat dipakai untuk banyak kegiatan, seperti untuk dijadikan buku atau catatan harian online, maupun untuk menulis artikel seperti halnya koran digital. Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.
Blog ini membantu PR dalam membangun citra positif perusahaan yaitu membantu dalam memperkenalkan profil, serta produk perusahaan. Perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Salah satu fungsi blog bagi masyarakat yaitu dapat memberika informasi mengenai apa yang diinginkan masyarakat sebagai sasaran dari suatu perusahaan. Dimana dengan Blog juga perusahaan dapat menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Melalui blog,kita dapat tahu langsung apa yang diinginkan oleh pelanggan,yaitu dilihat dari komentar yang masuk di blog,baik itu saran,kritik,maupun kepuasan atau kekecewaan pelanggan terhadap produk dari perusahaan.
Blog untuk PR dapat menjadi media untuk membangun ‘company branding’. Perusahaan dapat menyajikan artikel, jurnal atau hasil penelitian yang berkenaan dengan produk dan layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan demikian, pelanggan akan merasa bahwa perusahaan yang bersangkutan memang ahli di bidangnya, terbukti banyaknya tulisan yang disajikan mengenai produk dan layanannya.
Manfaat blog sebagai media PR dibandingkan dengan media lainnya adalah :
1. Untuk penyampaian informasi mengenai suatu perusahaan.
2. Mempermudah dalam melakukan komunikasi dengan pelanggan sehingga mengetaui kemauan atau keinginan pelanggan.
3. Memperkenalkan identitas suatru perusahaan agar dikenal oleh para pengguna media social khususnya blog.
4. Membangun produk atau brand image.
5. Menjaga dialog pelanggan.
6. Memperlihatkan kemampuan perusahaan.
7. Meningkatkan penjualan.
8. Memperbaiki kesalahan perusahaan.
9. Menciptakan citra yang baik suatu perusahaan.
Referensi :
http://fungsiblogbagihumas.blogspot.com/2013/06/fungsi-blog-bagi-public-realitions.html
http://iamumisholihat11.blogspot.com/2013/06/fungsi-blog-untuk-pr.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar