Perkembangan dunia global yang semakin pesat menuntut media massa untuk bertransformasi menjadi digital, oleh sebab itu hubungan masyarakat berada di era digital. Media informasi seperti koran, televisi dan radio sudah bukan lagi sumber informasi yang utama, sekarang masyarakat sudah beralih kepada media internet yang terbukti lebih update, cepat serta lebih praktis. Perubahan pola komunikasi di era digital dengan semakin meluasnya penggunaan internet maka semakin menuntut dengan adanya perubahan pola komunikasi pemerintah kepada public.
Hubungan masyarakat memiliki
peran strategis bahwa hubungan masyarakat perlu tahu dan mempelajari
perkembangan-perkembangan di era digital ini. Juga bagaimana mengambil peran
dalam menyadarkan masyarakat agar mereka professional dalam menuntut
hak-haknya. Komunikasi juga sangat penting dikarenakan komunikasi merupakan
tugas para humas.
Kegiatan hubungan masyarakat
yang berhubungan langsung dengan perubahan teknologi harus dilakukan secara meningkatkan
kemampuan dan kapasitas seperti pembuatanberita, foto, video, komunikasi dan
lain sebagainya. Maka hal ini berkaitan dengan perubahan gaya komunikasi
komunikasi pemerintah dari komunikasi tunggal dan terjadwal serta tradisional
berubah menjadi majemuk dan anytime dengan
tidak hanya menggunakan media masa mainstream, namun berkembang menjadi
micro/targeted channel. Hubungan masyarakat di era digital meliputi youtube,
instragram, line, blogs, dan lain sebagainya.
Perbaikan tata kelola
komunikasi pemerintah melalui perubahan cara pandang dan juga cara fikir. Praktisi
hubungan masyarakat dan pihak yang terlibat langsung maupun tidak, diharapkan
mampu beradaptasi dengan mentransformasikan diri dalam paradigm baru komunikasi
pemerintah. Praktisi humas harus mampu merubah cara pandang dari bekerja secara
linier dan menunggu perintah atasan menjadi visioner dan kreatif serta
inovatif. Hubungan
masyarakat di era digital lebih banyak menggunakan media berbasis internet.
Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang positif, hubungan yang baik.
Komunikasi pemerintah dapat berjalan baik tentu dengan peran dari stakeholder utama dalam hal penyampaian informasi kepada masyarakat yaitu Humas, Humas harus dapat berperan aktif dalam penyampaian informasi sehingga mampu menjadi representasi instansi itu sendiri.
Pada lingkup kantor imigrasi sebagai unit pelaksana teknis di Kementerian Hukum dan HAM RI misalnya, salah satu dari peran humas pada tingkat unit pelaksana teknis adalah menjadi kepanjangan tangan dari unit pusat. Selain sebagai kepanjangan tangan dari instansi pusat, terdapat juga 4 Peran Strategis Humas yaitu pertama humas harus mampu memenuhi peran dalam memberikan informasi kepada masyarakat, kedua humas harus mampu menjalankan fungsi konsultasi baik di internal maupun eksternal, ketiga humas harus berkoordinasi dengan berbagai pihak dan keempat humas juga memiliki peran memperbaiki kondisi organisasi.
Sumber referensi :
Sespamardi. kehumasan di era digital. Tautan : http://bpakhm.unp.ac.id/kehumasan-di-era-digital/ ( Diakses pada: 15 November 2018).
x
Tidak ada komentar:
Posting Komentar